Pengertian dan Fungsi Menu dan Ikon Pada Microsoft Excel

Microsoft Excel 2007
TUGAS TIK



DisusunOleh :

YOSEP


Kelas :
XI IPA 1



SMA NEGERI 5 PINGGIR




A.Pengertian Microsoft Excel 2007

Microsoft Excel merupakan program pengolah data yang bertipeangka (numeric) dan berbentuk spreadsheet.Microsoft Excel merupakan bagian dari paket aplikasi perkantoran Microsoft Office.
Program lembar kerja atau spreadsheet ini banyak digunakan untuk melakukan perhitungan, analisa, dan penyajian  data angka, khususnya yang bersinggungan dengan tabel, grafik, dan laporan keuangan.Microsoft Excel 2007 merupakan versi lanjutan dari Microsoft Excel 2003.
Khusus untuk proses pengolahan atau manipulasi data, Kita diharuskan mengenal nama dan fungsi dari tiap-tiap menu dan ikon yang tersedia.




B.Fungsi dan Manfaat Microsoft Excel

Microsoft Excel berfungsi untuk mengolah data atau angka, dengan aplikasi MS.Excel kita dapat melakukan perhitungan matematika dengan mudah dan penggunaan program ini diharapkan penghitungan seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, sekaligus operasi statistic, logika, menjadi mudah dilakukan.
Manfaat dari MS.Excel yaitu dapat membantu kita dalam pekerjaan yang melibatkan angka atau data, seperti pembuatan laporan keuangan.Perangkat lunak pengolah angka yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Microsoft Excel.

C.Perbedaan Menu dan Ikon






Menu adalah pilihan yang terdapat didalam suatu layanan yang dapat kita pilih sesuai dengan pilihan yang kita inginkan. 
Sedangkan ikon adalah tanda atau simbol yang terdapat didalam menu yang dapat mempermudah kita dalam memilih suatu layanan yang kita inginkan.







D.Gambar Menu dan Ikon Beserta Funginya Masing-Masing

1. Fungsi Menu dan Ikon tab Home


Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk melakukan pengeditan terhadap dokumen yang sedang Anda kerjakan.

2. Fungsi Menu dan Ikon tab Insert

 
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk menyisipkan objek-objek ke dalam naskah, seperti Picture (gambar), Clip Art (seni klip), Chart (grafik/diagram), dan Tabel.


3. Fungsi Menu dan Ikon tab Page Layout

 
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk mengatur tampilan kertas dari naskah yang sedang dikerjakan, seperti mengatur Margins (batas awal dan batas akhir pencetakan kertas), Orientation (posisi pencetakan kertas, tegak atau mendatar), Size (ukuran kertas yang akan digunakan), Columns (tampilan bentuk kolom), dan sebagainya.


4. Fungsi Menu dan Ikon tab Formula

 
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk mengolah dokumen dengan formula-formula yang telah disediakan oleh Microsoft Excel.



5. Fungsi Menu dan Ikon tab Data

 
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk pengolahan data, seperti mengkoneksikan dengan file-file database lain, memfilter data, mengurutkan data (sorting) dan sebagainya.

6. Fungsi Menu dan Ikon tab Review

 
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk review (kaji ulang) naskah. Seperti mengecek ejaan, mengubah bahasa, translasi bahasa, menyematkan komentar, dan sebagainya.

7. Fungsi Menu dan Ikon tab View

 
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk mengatur tampilan dari aplikasi, seperti menentukan bentuk tampilan halaman, pengaturan perbesaran (zoom) tampilan, membuat macro, mengatur jendela-jendela yang ditampilkan, dan sebagainya.

Thank You For Coming! See You Later.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »